Mata minus adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas atau rabun. Sehingga mengharuskan penggunaan kacamata agar dapat memfungsikannya dengan baik.
Sayangnya, tidak sedikit orang yang justru kurang nyaman memakai kacamata. Alhasil, banyak yang memilih untuk tidak menggunakan kacamata dalam setiap rutinitasnya. Adakah cara mengatasi mata minus tanpa kacamata yang bisa dilakukan?

Anda mungkin perlu tahu apa saja penyebab mata minus supaya dapat mencegahnya. Secara umum mata minus disebabkan oleh:

• Faktor genetik atau keturunan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menyembuhkannya.
• Kebiasaan sehari-hari yang buruk. Hal yang seringkali dianggap sepele, misalnya menggunakan gadget atau         membaca buku dari jarak yang sangat dekat dengan mata atau di tempat yang memiliki pencahayaan kurang.
• Kurangnya nutrisi yang dibutuhkan mata. Kandungan vitamin A yang minim berpotensi dapat mengurangi           perlindungan terhadap mata.

Kebiasaan buruk di atas dapat memicu bertambahnya jumlah angka minus pada mata. Agar tidak semakin parah, berikut cara mengurangi mata minus secara alami yang dapat Anda lakukan tanpa harus mengandalkan bantuan kacamata.

Olahraga/senam mata

Cara mengatasi mata minus dapat dimulai dengan rutin melakukan olahraga sederhana pada mata. Cukup dengan memutar bola mata searah jarum jam sebanyak 5 hingga 10 kali sacara rutin. Latih juga fokus mata dengan cara melihat objek jarak jauh sehabis bangun tidur.

Anda juga dapat mengatasi potensi bertambahnya minus dengan memijat area mata secara rutin selama 5 menit.

Bahan-bahan alami

Cara mengurangi mata minus dengan daun sirih juga cukup efektif untuk dicoba. Siapkan beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci lalu tempelkan pada mata ketika tidur hingga terbangun. Anda juga dapat mencobanya dengan merendam mata di air perasan daun sirih lalu kedipkan sampai air meresap ke mata.
Selain daun sirih, ada beberapa bahan alami lain yang dapat membantu penyembuhan mata minus dari luar. Seperti wortel, mentimun, dan lidah buaya.

Untuk mendukung proses penyembuhan, sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Jika keadaan membaik hindari kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan mata minus semakin bertambah.

Latihan Konsentrasi Memakai Telunjuk

Memusatkan pandangan pada satu titik adalah salah satunya langkah untuk kurangi mata minus.
Untuk cara gampangnya, kamu bisa memakai jemari telunjuk sebagai pengganti titik. Langkah-langkah melakukannnya yakni dengan menempatkan telunjuk 10 cm dari hidung. Pusatkan pandangan mengarah ke telunjuk, selanjutnya alihkan konsentrasi ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Kerjakan ini dengan cuma melirik tanpa menggeserkan kepala serta ulangilah sampai 10 kali satu hari. Kamu bisa cari sikap duduk yang nyaman sebelum melakukan.

Menjemur Mata di Pagi Hari

Lakukan pekerjaan menjemur mata pada pagi hari adalah salah satunya langkah yang dapat dilaksanakan untuk kurangi mata minus. Kerjakan pekerjaan ini dengan tutup ke-2 mata serta tujukan mata mengarah matahari sampai berasa hangat.

Beberapa penderita mata minus yang cukup besar ingin dapat mengurangi mata minus dengan cepat. Pilihan yang dapat anda pilih adalah dengan melakukan operasi LASIK.

Operasi Lasik mengobati Mata Minus

Bagi anda yang mempunya dana berlebih operasi LASIK atau laser-assisted in-situ keratomileusis dapat dilakukan untuk mengobati gangguan refraksi seperti mata minus.

Dengan melakukan operasi LASIK mata minus dapat berkurang bahkan pada beberapa penderita mata minus yang melakukan operasi LASIK minus dapat hilang 100 persen

Mata minus dapat dikurangi bahkan disembuhkan dengan beberapa cara diatas. Semoga Informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here