Inovasi di bidang pertanian kini bukan hanya terletak pada tehnik pengelolaannya saja, melainkan telah menyasar ke alat-alat teknologi canggih. Berbagai alat teknologi diciptakan untuk membantu petani agar mampu meningkatkan kapasitas produksi mereka.

Berikut ini 4 macam teknologi pertanian canggih yang dibuat untuk membantu baik petani maupun pihak tertentu dalam menangani berbagai hal tentang pertanian.

1. Soil and Water Sensors

Saat ini telah ditemukan teknologi pertanian untuk mendeteksi kandungan di dalam tanah. Sebelum tanah ditanami, petani atau peneliti dapat menggunakan alat ini untuk mencari tahu kandungan yang terdapat di tanah tersebut.

Kandungan-kandungan seperti tekstur tanah, kadar air, unsur hara, dan lainnya dapat ditelusuri dengan cepat melalui fungsi teknologi ini. Jadi, penelitian tidak perlu membutuhkan uji laboratorium yang mengharuskan untuk menunggu hingga rentang waktu yang cukup lama.

2. Platform Bisnis Pertanian Internasional (IBM)

Teknologi yang satu ini memungkinkan petani dapat mengakses data-data seputar usaha pertanian secara digital dan akurat.

IBM seperti halnya aplikasi yang menyediakan berbagai macam informasi menyangkut kepentingan agraria. Platform IBM akan membantu petani dalam memberikan keputusan. Di dalamnya terdapat penyatuan database dengan kecerdasan buatan untuk memberikan akses analitik pertanian.

Untuk tahap awalnya platform ini akan memberikan memberikan informasi berikut:

  • Informasi perkiraan cuaca hingga rentang waktu 15 hari
  • Informasi mengenai karakteristik tanah yang akan ditanami.
  • Informasi jadwal semua agenda di atas lahan. Sejak awal penanaman hingga waktu panen.

3. AeroVironment

Jika Anda baru saja melihat teknologi ini secara sekilas, mungkin Anda akan mengira kalau alat tersebut merupakan drone biasa.

AeroVironment memang merupakan sebuah drone. Namun alat ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur yang digunakan untuk memonitor pengelolaan lahan pertanian.

Fungsi dari drone ini adalah meliput semua data informasi di lapangan untuk kemudian dikirim ke pusat kontrol. AeroVironment bekerja dengan cara merekam melalui kamera yang dibawanya sembari menjalankan fungsi analitik untuk mengambil simpulan baik untuk petani maupun pusat kontrol.

4. Indo combine harvester

Kita boleh berbangga dengan Indonesia karena mampu menciptakan Alat yang dapat memudahkan petani dalam soal panen padi dari mulai pemangkasan, pengangkutan, perontokan, pembersihan, sortasi, sampai pengantongan. Dengan memakai tehnologi pertanian indo combine harvester efektifitas pekerja dan hasil dapat meningkat. Dengan memakai tehnologi pertanian indo combine harvester hanya memerlukan beberapa orang untuk memanen padi, sebab satu mesin ini cuma perlu 3 orang saja, dengan kemampuan kerja empat sampai enam jam per hektar.

Tehnologi ini akan makin baik performanya bila dipakai pada tempat yang basah. Hebatnya lagi, tehnologi pertanian ini dapat membuahkan gabah dengan tingkat kebersihan 99.5%.

Banyak kelebihan yang diperoleh dengan keberadaan alat-alat pertanian canggih ini. Selain petani dapat mengakses data-data akurat atau mencari solusi untuk permasalahan tertentu, petani juga akan memperoleh pengarahan khusus tentang seputar pertanian yang dilakukanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here