Sakit gigi merupakan gejala penyakit yang lazim dialami oleh kebanyakan orang. Mengingat rasa yang ditimbulkannya begitu nyeri, tidak sedikit orang mencari obat herbal untuk mengobati sakit gigi sebagai alternatif penyembuhannya.

Sayangnya, obat herbal kini tidak dapat dipercaya sepenuhnya, sehingga Anda harus mencari cara meredakan sakit gigi dengan metode lain.

Banyak metode dan solusi penyembuhan untuk sakit gigi yang dapat anda pilih. Tetapi anda harus hati-hati karena dengan metode yang tidak tepat, alih-alih bukan kesembuhan yang didapat tetapi malah dapat memperburuk kondisi sakit gigi yang anda alami.

Oleh karena itu Sebelum itu, mungkin Anda harus mengetahui dulu penyebab sakit gigi supaya dapat mencari solusi penyembuhan yang sesuai.

Umumnya sakit gigi diakibatkan oleh:

• Gigi yang berlubang
• Makanan yang tersangkut di sela-sela gigi
• Adanya percabangan gigi baru
• Area gigi yang mengalami peradangan
• Gigi sudah rapuh dan hampir rusak
• Sinutisis atau karena abses gigi

Sakit gigi yang ditimbulkan dari masing-masing sebab di atas memiliki rasa nyeri yang berbeda-beda, baik bersifat sementara maupun menetap.

Tanda-tanda Sakit Gigi

Sakit gigi bisa berlangsung pada wilayah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terkena infeksi dengan dibarengi rasa nyeri serta lunak bila diraba.Selain daripada nyeri, tanda-tanda lain yang akan anda rasakan yakni:

  1. Lebam di seputar gigi yang terserang infeksi.
  2. Pusing pada kepala.
  3. Demam tinggi tiba-tiba.
  4. Berbau busuk dari gigi yang terkena infeksi.

Adapun cara mengobati sakit gigi yang efektif dapat Anda lakukan melalui tahap-tahap penyembuhan berikut ini.

  1. Bersihkan bagian sela-sela gigi yang terasa nyeri hingga bersih.
  2. Berkumurlah secara rutin menggunakan air hangat yang tercampur dengan garam.
  3. Samarkan rasa nyeri pada gigi dengan menempelkan kompres di sisi pipi tempat dimana gigi sakit.
  4. Mengoleskan minyak cengkeh ke area gigi yang sakit dengan kapas. Anda juga dapat menggunakan kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih dengan cara dihaluskan kemudian dioles.
  5. Berkumur menggunakan obat kumur antiseptic dapat mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri pada mulut dan gigi serta mengurangi rasa nyeri pada gigi. Sebisa mungkin lakukan rutin berkumur menggunakan antiseptic untuk masa penyembuhan dan perawat gigi.
  6. Jika rasa nyeri yang dialami berlebihan, Anda perlu mengkonsumsi obat untuk mengatasi nyeri gigi. Obat dapat dicari di apotik terdekat. Gunakanlah obat nyeri yang mengandung paracetamol (anak-anak) atau ibuprofen (dewasa).

Setelah keadaan membaik, Anda harus melakukan pencegahan agar tidak lagi mengalaminya. Adapun Cara mencegah sakit gigi yang harus Anda biasakan secara rutin adalah dengan membersihkan gigi hingga ke sela-selanya.

Untuk itu perhatikan mulai dari cara menggosok gigi yang baik dan benar. Lakukanlah secara rutin dan menyeluruh di area gigi. Sangat disarankan Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluroide. Sebab dengan begitu gigi akan mudah dibersihkan.

Selain menggosok gigi, berkumur secara rutin juga penting untuk memberikan perlindungan terhadap gigi. Terlebih jika Anda berkumur dengan mouthwash setidaknya satu atau dua kali dalam sehari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here